Bioindikator Lingkungan

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Peternakan atau yang lebih akrab di sapa Dewan Anisoptera adalah badan legislatif di kalangan civitas akademika Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. Sebagai dewan legislatif, Dewan Anisoptera memiliki tugas menjadi badan pengawas sekaligus pedamping segala kegiatan Organisasi Mahasiswa Fakultas Peternakan. Baik secara administrasi maupun pengawasan yang lebih jauh. Maka dari itu, makna dari bioindikator lingkungan ini sangat melekat pada Dewan Anisoptera, dimana Dewan Anisoptera harus mampu menyediakan lingkungan yang baik untuk Ormawa-D, memastikan bahwa program kerja yang dibuat sesuai dengan fungsi dan tujuan dari ormawa-D tersebut.

Bentuk pengawasan secara administrasi yaitu dengan cara mengaudit setiap dana yang diberikan melalui Bantuan Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri (BPPTN) kepada masing-masing ormawa, selain itu juga membantu proses verifikasi status organisasi kemahasiswaan di IPB, menyeleksi program kerja yang sesuai bagi ormawa-D menurut petunjuk dan kaidah yang telah ditetapkan oleh Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (MPM-KM IPB). Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika Dewan Anisoptera menimbang dan memutuskan mengenai audit secara administrasi, yaitu pengetahuan yang luas, pemahaman akan fungsi dan tujuan Ormawa-D, visi dan misi Ormawa-D serta manfaatnya baik bagi pengurus dan anggota Ormawa-D aupun bagi sivitas akademika Fakultas Peternakan IPB. Maka dari itu kemampuan analisis yang tinggi harus dimiliki anggota Dewan Anisoptera. Kekompakan baik dari segi internal dan eksternal harus terus ditingkatkan guna memperteguh Dewan Anisoptera dalam menjalankan tugasnya sebagai bioindikator lingkungan di Fakultas Peternakan IPB.

Bentuk pengawasan lainya yaitu pemantauan agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak sesuai dengan fungsi dan tujuan dari Ormawa-D tersebut. Seperti memantau pelaksanaan , administrasi, dan pencapain program kerja. Pemantauan ini dilakukan secara berkala oleh seluruh anggota Dewan Anisoptera. Setiap komisi Dewan Anisoptera telah diberikan tugas untuk mengawasi dan mendampingi masing-masing Ormawa-D yang ditentukan.

Menjalin kerja sama yang baik dan mendampingi setiap kegiatan Ormawa-D akan berdampak pada kepercayaan. Kepercayaan inilah yang seharusnya mampu dipegang teguh oleh Dewan Anisoptera untuk membuat indikator lingkungan yang baik dikalangan Ormawa-D dan seluruh civitas akademika Fakultas Peternakan IPB. Lingkungan yang baik diharapkan dapat membuat civitas Fakultas Peternakan menjadi sinergis, harmonis, dan prestatif.

#tega(s)Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *