007/DPM-D/PR/IV/2016 PRESS RELEASE D’AEBAK “STUDI BANDING EKSTERNAL”

100_1095

Studi Banding Eksternal, salah satu rangkaian kegiatan dari program kerja D’AEBAK memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas anggota Dewan Anisoptera.  Kegiatan ini berlangsung hari Minggu (24/04) di Universitas Padjajaran (Unpad) .  Dewan Anisoptera melakukan studi banding di Badan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran (BPM Kema Fapet Unpad).

Dewan Anisoptera yang berjumlah 11 orang  tiba di Unpad pukul 09.45 WIB. Disambut dengan meriah oleh keluarga Unpad,  kegiatan ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB. Dibuka dengan pengenalan dari setiap organisasi yang dilontarkan oleh ketua masing masing lembaga legislatif Fakultas.  Dewan Anisoptera oleh Hafid Arya Pradana dan BPM Kema Fapet Unpad (Aksata) oleh Farid Akbar.

100_1115

Diskusi terbuka  dilakukan dalam kegiatan ini.  Diskusi berisikan penjabaran bagaimana  kiprah lembaga legislatif di masing-masing kampus/fakuktas. Antusias para peserta untuk lebih tahu dan bertukar pengalaman lembaga dapat terlihat dari keaktifkan dalam bertanya.

Selanjutnya dilakukan studi kasus dengan mengambil tema besar Peran Lembaga Legislatif di Kampus.  Masing-masing lembaga mengajukan satu sub tema dan mengirimkan satu moderator untuk memimpin studi kasus tersebut.  Dewan Anisoptera di moderatori oleh Danar Bias Idana selalu Ketua Komisi III Legislatif dan BPM Kema Fapet Unpad oleh ketua umum Farid Akbar. Sub tema yang diambil oleh Dewan Anisoptera adalah peran pengawasan lembaga legislatif terhadap lembaga eksekutif. Aksata sendiri mengambil sub tema Legislatif Review.

Studi kasus ini menarik dengan pertukaran pendapat dari setiap peserta.  Pengalaman baru di dapatkan Dewan Anisoptera setelah melaksanakan diskusi dan studi kasus ini. Kegiatan ini berakhir pukul 12.00 WIB.  Dilanjutkan dengan istirahat bersama, kegiatan menjadi kesempatan dalam menjalin silaturrahim lebih dekat dengan Aksata.

100_1155

Setelah itu,  Dewan Anisoptera diajak untuk Tour Campus oleh Aksata sekaligus mengunjungi kandang.  Kandang yang kita datangi adalah kandang kelinci,  domba,  dan bebek.  Berakhirnya Tour Campus, kita menuju ke Sekretariat Aksata  di sana kami bercengkrama dan bernyanyi bersama.  Dewan Anisoptera memperkenalkan lagu jingle yang kita miliki.

Kami memutuskan untuk berpamitan dengan BPM Kema Fapet Unpad pukul 15.30 WIB dan sampai di Dramaga Bogor pukul 20.53 WIB. Kegiatan studi banding ini kami harapkan menjadi pengalaman yang prestatif dalam menambah pengetahuan anggota Dewan Anisoptera. Selain itu kegiatan Studi Banding Eksternal ini dapat meningkat silaturrahim dengan BPM Kema Fapet Unpad.

100_1134 100_1192

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *